Hampir semua jenis game komputer
menggunakan keyboard untuk mengontrol objek di dalamnya. Input dari keyboard
dalam game merupakan hal yang sangat penting dalam pemrograman game.
GLUT juga memiliki fungsi sederhana yang
menyediakan fasilitas untuk keyboard controlling. GLUT menyediakan
fungsi-fungsi yang berbeda untuk menangani normal key events seperti
1,2,A,B,ESC dan special key events seperti UP, DOWN, F1 dan lain-lain.
Fungsi pertama, glutKeyboardFunc,
digunakan untuk memberitahu sistem windows fungsi mana yang akan memproses
normal key events. Yang dimaksud dengan normal key events adalah tombol huruf,
angka, dan tombol lain yang memiliki kode ASCII. Syntax untuk fungsi ini adalah
sebagai berikut :
void
glutKeyboardFunc(void (*func) (unsigned char key, int x, int y));
Dimana func, merupakan nama fungsi yang
akan memproses normal keyboard events. Memasukkan nilai NULL sebagai argumen
akan menyebabkan GLUT mengabaikan normal keys. Fungsi yang digunakan sebagai
argumen dalam glutKeyboardFunc memiliki tiga argumen. Argumen pertama
menyatakan kode ASCII dari key yang ditekan, sedangkan dua argumen lainnya
menyatakan posisi mouse ketika key ditekan. Posisi mouse ini relatif terhadap
sudut kiri atas dari jendela.
Fungsi yang kedua adalah
glutSpecialFunc, yaitu fungsi yang digunakan untuk memberitahu sistem window
fungsi mana yang akan memproses special key events. Berikut ini adalah
syntaxnya.
void
glutSpecialFunc(void (*func) (int key, int x, int y));
Dimana func adalah nama fungsi yang memproses special keyboard events. Melewatkan nilai NULL pada argumen akan menyebabkan GLUT mengabaikan special keys. GLUT_KEY_* merupakan konstanta standar dalam glut.h. Berikut ini adalah daftar seluruh konstantanya :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar